Tanda-Tanda Ibu Hamil dengan Lupus yang Harus Ditangani

Posted by KarimGanas on November 03, 2019 in , ,


Ibu hamil dengan lupus merupakan sebuah kondisi yang bisa membahayakan janin di dalam kandungan. Masalah lupus ini terjadi disebabkan oleh banyak faktor. Berikut tanda-tanda ibu hamil yang mengalami penyakit lupus dan tentunya harus segera ditangani agar kondisi penyakitnya tidak semakin parah.

1.      Ruam pada Kulit
Tandanya bisa dilihat dengan adanya ruam di bagian tubuh yaitu pada lengan, wajah, leher, tangan, dan punggung. Ruam ini bentuknya seperti kupu-kupu dan seringnya muncul di bagian kedua pipi dan hidung. Anda harus segera mengambil tindakan jika sudah melihat adanya tanda-tanda ruam.

2.      Anemia
Ibu hamil yang terkena lupus akan mengalami anemia. Kondisi di mana tubuh mengalami kekurangan asupan oksigen yang akan dibawa darah ke seluruh tubuh. Anda bisa mengetahui kondisi kesehatan ini dengan melakukan pengecekkan langsung.

3.      Kelelahan Berlebihan
Saat hamil memang tubuh akan mengalami kelelahan hanya saja dengan penyakit lupus kelelahan yang terjadi sangat berlebihan. Anda bisa begitu cepat kehilangan energi dan ini sudah jelas tanda-tanda dari gejala penyakit lupus. Kelelahan ini terjadi karena adanya gangguan pada sel-sel darah seperti jumlah sel darah putih yang terlalu rendah atau memiliki anemia.

4.      Rambut Rontok
Tanda-tanda ibu hamil dengan lupus berikutnya adalah rambut yang mudah rontok. Hal ini karena lupus menyerang bagian otak kepala sehingga mengalami kerontokkan pada rambut. Dalam kondisi yang buruk lupus bisa saja menjadi pemicu terjadinya keguguran dan perkembangan janin yang terganggu.

5.      Nyeri
Saat hamil beberapa bagian tubuh kerap terasa nyeri atau membuat Anda tidak nyaman. Ibu hamil yang terkena lupus akan mengalami tanda nyeri pada bagian khusus dan sangat sering terjadi. Nyeri yang dialami di bagian otot dan sendi.

Munculnya rasa nyeri terjadi di pagi hari saat pertama kali bangun tidur. Bagian yang terasa nyeri terutama di pergelangan tangan dan jari-jari. Adapun nyeri pada sendi hanya terjadi pada satu sisi tangan saja dalam satu waktu.

Anda juga akan merasakan nyeri di dada jika sudah mengalami gejala lupus. Nyeri ini terjadi karena penyakit lupus membuat terjadinya peradangan pada selaput dan melapisi paru-paru serta jantung. Akibatnya Anda akan mengalami sesak napas berkepanjangan.

6.      Gangguan Mental dan Otak
Gejala berikutnya yang akan dialami adalah gangguan mental dan otak. Kondisi ini terjadi karena lupus bisa membuat sistem saraf pusat Anda menjadi terganggu. Apa lagi selama kehamilan Anda akan menjadi lebih sensitif  dan tentunya apa yang diminta bisa terpenuhi.

Ibu hamil dengan lupus tetap bisa hamil dengan normal dan lancar selama melakukan pemeriksaan secara teratur. Dokter yang ahli di bidangnya akan memilih obat-obatan yang aman dikonsumsi selama kehamilan sehingga tidak berisiko bagi Anda dan janin. Kenali dan pahami semua gejala yang sering muncul di atas dan perlu diwaspadai dengan tindakan cepat.